Ini Dia Penyebab Mobil Tak Bisa Distarter

Ini-Dia-Penyebab-Mobil-Tak-Bisa-Distarter

Ini Dia Penyebab Mobil Tak Bisa Distarter – Bagi masyarakat perkotaan, terutama di kota besar, mobil seolah-olah sudah menjadi sebuah kebutuhan primer. Mereka menggunakan mobil untuk mendukung aktivitas mereka sehari-hari, seperti pergi menuju ke kantor, pergi kuliah, berbelanja, atau mengantar-jemput anak-anak sekolah. Namun, pernahkan anda mengalami suatu kejadian yang tidak mengenakkan seperti tiba-tiba mobil tidak bisa distarter, padahal anda lagi terburu-buru pergi ke suatu tempat saat itu juga? Nah, di balik masalah itu, ternyata terdapat beberapa penyebab mobil yang tak bisa distarter. Mau tau apa saja itu penyebabnya, di bawah ini meruapakan penyebaba ataupun alasan mobil tak bisa distarter.

Baca juga:

Kelistrikan

Ini adalah salah satu penyebab mobil tidak bisa distarter yang paling sering terjadi.Kondisi ini bisa dideteksi jika saat anda menstarter mobil anda, tetapi tidak ada arus listrik sama sekali. Bisa ditandai dengan tidak adanya bunyi starter, atau berbunyi sangat pelan dan tidak wajar.

Jika mobil anda tidak bisa distarter karena masalah kelistrikan, biasanya masih bisa dinyalakan dengan didorong.Namun perlu diingat bahwa tidak semua mobil bisa dinyalakan dengan didorong. Untuk masalah kelistrikan, anda bisa memeriksanya pada beberapa bagian. Beberapa bagian yang perlu anda periksa adalah :

Aki

Aki atau Accu adalah sumber utama kelistrikan, saat terjadi permasalahan kelistrikan, bagian utama yang perlu anda curigai adalah bagian aki.Penyebab aki tidak berfungsi bermacam-macam, namun biasanya karena aki sudah tidak layak pakai.Sudah terlalu tua atau kotor.

Kabel Sikring Utama

Setelah anda memeriksa aki namun kinerjanya normal, selanjutnya anda perlu memeriksa kabel sikring utama.Umumnya kabel sikring utama berada di dekat aki pada bagian positif.Jika kabel putus, maka harus diganti dan diperbaiki.

Socket Dan Kunci Kontak

Setelah anda memeriksa aki dan kabel sikring utama, namun tidak menemukan kerusakan, selanjutnya anda perlu memeriksa bagian socket dan kunci kontak.Ini bisa menjadi biang utama mobil tidak bisa distarter.Socket yang kendor bisa menjadi penyebab mobil tidak bisa distarter. Jika anda menstarter mobil anda dan tidak ada suara dari dynamo starter sama sekali, maka kemungkinan besar adanya gangguan pada socket dan kunci kontak. Anda bisa memperbaikinya dengan mengencangkan dan memastikan socket dan kunci kontak dalam keadaan yang seharusnya.