Cara Memperbaiki Starter Motor Mati

Cara-Memperbaiki-Starter-Motor-Mati

Cara Memperbaiki Starter Motor Mati – Starter merupakan salah satu komponen pada sepeda motor yang juga memiliki peran cukup vital adalah motor starter. Jika sepeda motor anda dilengkapi dengan kick starter, apabila motor starter mati mungkin tidak menjadi suatu masalah berarti. Karena anda masih bisa menyalakan sepeda motor dengan cara “di slah” atau menggunakan kick starter. Namun beberapa sepeda motor saat ini ada yang tidak dilengkapi dengan kick starter. Lalu apa jadinya jika starter motor mati? jalan satu-satunya adalah dengan cara didorong. Hal ini tentu akan sangat merepotkan.

Baca juga: Faktor Penyebab Ban Mobil Pecah Saat Dijalan

Ada beberapa hal dan tahapan dalam pemeriksaan untuk memperbaiki elektrik stater yang mati, berikut tahapan serta cara yang bisa dilakukan.

Periksa Aki / Accu

Pertama adalah periksa dahulu aki dengan cara ON kan kunci kotak apakah lampu spidometer menyala, lihat juga indkitaor lampu netral menyala atau tidak, selanjutnya coba bunyikan klakson dengarkan bunyinya jika keras kemungkinan aki anda normal, kemudian cek sekring putus atau tidak, biasanya letak sekring di samping aki, jika sekring juga bagus maka langsung cek akinya, cara mengeceknya dengan menggunakan dua buah obeng hubungkan antara kutup positif da negatif dan gesekan jika terjadi percikan aki yang besar maka aki normal begitu pula sebaliknya jika percikan sangat kecil aki anda yang mati.

Periksa Switch Tombol Starter

Jika aki dalam kondisi bagus tetapi stater tidak mau hidup maka langkah selanjutnya ke tombol starter, coba buka soket pada tombol stater, kemudian sambungkan atu colokan kedua buah kabel jika satater hidup maka tanda bahwa tombol switch stater yang rusak.

Periksa Bendik Stater

Jika switch tombol starter dan aki bagus dan motor tidak mau distarter coba cek kabel yang arusnya ke otomtis stater atau bendik starter ada arus listrik atau tidak, jika pada otomatis starter atau bendik terdengar bunyi klek ketrika tombol stater ditekan maka bendik stater normal dan langsung ke poin yang selanjutnya.

Periksa Kul Starter

Jika bendik starter normal maka kemungkinan terbesar kul starter habis, coba cabut kuabel yang terhubung ke dinamo stater dan gesekan pada kerangka motor, jika tidak ada percikan api maka stater mati.

Buka Dinamo Starter Dan Ganti Kulnya

langkah berikutnya buka dinamo stater dan ganti kulnya, jika kul stater sudah diganti maka masih tidak mau menyala juga kemungkinan dinamo stater yang rusak, yang perlu dilakukan servis ke tukang dinamo stater.