Kelebihan Kekurangan Velg Racing vs Velg Jari-Jari

Kelebihan Kekurangan Velg Racing vs Velg Jari-Jari

Kelebihan Kekurangan Velg Racing vs Velg Jari-Jari – Velg sepeda motor saat ini terbagi atas dua jenis yakni velg racing dan velg jari-jari (jeruji), Velg racing ini biasa disebut Cast Wheel atau velg yang dicetak dengan bentuk tertentu (seperti palang-palang) dari logam tertentu seperti alumunium/ karbon/ titanium.  Cetakan velg Cast wheel yang kebanyakan dari alumunium ini tak hanya mencetak velg saja melainkan juga mencetak tromol, velg dan palangnya jadi satu (dicetak menyatu). Berbeda dengan pada velg jeruji yang pembuatannya secara terpisah (velg, tromol dan jerujinya).

Baca juga: Ternyata Ini Bagian Tersulit Ketika Memasang Audio Mobil

Velg jar-jari/ velg jeruji/ Spoke Wheel biasa terbuat dari besi melingkar dimana penyangganya memakai jari-jari/ jeruji besi untuk menyangga veleg pada tromol yang bertumpu pada As roda. Nah jika era tahun 90 an hampir semua motor memakai velg jenis jeruji, akan tetapi saat ini justru kebanyakan motor memakai velg jenis Cast Wheel karena lebih digemari konsumen dan memiliki keunggulan tertentu dibanding Spoke Wheel.

Tetapi sampai saat ini Spoke Wheel juga masih dipakai terutama pada motor-motor retro dan adventure (offroad/ jelajah), nah lantas apa kelebihan masing-masing jenis velg kenapa masih sama-sama dipakai saat ini? berikut adalah komparasi Cast Wheel Vs Spoke Wheel

Kelebihan Velg Racing

Lebih Sporty dan Modis

Tidak heran mengapa jenis velg tersebut kerap digunakan dimotor sport fairing. Karena motor genre tersebut sangat mengutamakan tampilan dan performa. Terlihat tidak lazim jika motor sport fairing menggunakan velg jenis ini. Untuk sport naked dengan velg ruji masih cukup sering saya temui. Selain itu, velg racing mempunyai beragam bentuk dan warna yang bisa menambah estetika motor.

Mudah dibersihkan

Untuk membersihkan velg ini tidaklah terlalu rumit. Karena memiliki bentuk yang sederhana dan tidak banyak celah antar batang velg, membuat velg racing sangat mudah untuk dicuci. Oleh karena itu, anda tidak perlu khawatir berkarat karena anda tidak malas untuk membersihkan velg karena sangat mudah.

Stabil ditikungan

Alasan mengapa sport fairing 400cc sampai 1000cc menggunakan velg jenis ini karena sangat cocok digunakan untuk cornering. Itulah mengapa semua motor diajang motogp atau wsbk menggunakan velg jenis ini karena pada ajang tersebut tidak seperti drag race yang hanya trek lurus, melainkan motor juga dituntut untuk melahap tikungan dengan baik. Selain karena velg racing, untuk melahap tikungan juga didukung oleh ban gambot, suspensi up side down, dan teknologi lainnya.

Cocok untuk ban tubeless

Motor keluaran baru pada umumnya menggunakan ban tubeless. Ban tubeless tidak disertai ban dalam. Oleh karena itu, velg jenis ini bisa digunakan untuk tubeless karena tidak memiliki banyak rongga udara seperti velg jari-jari.

Kekurangan Velg Racing

Jika kita melihat motor trail, velg yang digunakan adalah velg jari-jari. Hal ini dikarenakan motor tersebut cocok digunakan dimedan ekstrim. Oleh karena itulah, penggunaan velg racing tidak direkomendasikan karena tidak cocok dimedan ekstrim dan tidak mampu meredam getaran dengan baik. Jika salah satu batang velg patah, anda perlu membeli baru lagi dengan harga ratusan sampai jutaan rupiah.

Kelebihan Velg Jari-Jari

Lebih ringan

Jika kita menyaksikan ajang drag race, velg yang digunakannya adalah velg jari-jari. Penggunaan velg ini membuat tarikan dan akselerasi motor lebih baik karena mempunyai berat yang lebih ringan daripada velg racing. Kemampuan motor drag race saat berakselerasi juga didukung dengan bore up mesin, pengurangan bobot motor serta penggunaan ban kecil.

Lebih kuat dan mampu meredam getaran lebih baik daripada velg racing

Seperti yang telah saya singgung pada pernyataan diatas, motor trail pada umumnya menggunakan velg jari-jari karena lebih kokoh dan bisa meredam getaran saat medan ekstrim. Penggunaan velg jari-jari juga sangat direkomendasikan jika daerah anda banyak jalan berlubang. Karena jika salah satu ruji velg ini patah, masih bisa ditopang oleh batang/ruji lainnya serta anda tidak perlu membeli satu set velg. Cukup mengganti batang yang patah atau cukup menyetel ulang ruji yang patah.

Lebih murah

Karena bahan dasar yang lebih mudah dijumpai daripada velg racing, membuat harga velg ini cukup murah. Hal itu juga merupakan salah satu alasan mengapa banyak yang memilih menggunakan velg jari-jari bahkan untuk motor sport sekalipun.

Kelemahan Velg Jari-Jari

Maraknya ban tubeless membuat velg ini tidak mudah diaplikasikan untuk motor modern tanpa menutup celah pada ruji velg. Selain itu, dengan desain yang banyak rujinya membuat velg jenis ini relatif susah untuk dicuci. Jika tidak rajin mencucinya, velg berpotensi berkarat. Semua prototype motogp modern juga tidak ada yang menggunakan velg jari-jari karena tidak stabil untuk cornering dikecepatan tinggi.